vektor, dalam matematika, adalah besaran yang memiliki besar dan arah tetapi tidak memiliki posisi. digambarkan dengan ruas garis yang ujungnya berupa panah untuk menunjukkan arah.
Radarhot com is an Indonesian website that has carved a niche for itself in the realm of educational and scientific news. As the world increasingly turns to digital platforms for learning and staying informed, Radarhot com stands out by providing comprehensive coverage of subjects such as mathematics, physics, chemistry, biology, and computer science. The site is a valuable resource for students, educators, and enthusiasts who seek to deepen their understanding of these critical fields. In addition to news, Radarhot com offers a wealth of educational resources, including practice problems, tutorials, and detailed explanations on a wide range of topics. Discussion Radarhot com is an Indonesian website that specializes in providing educational and scientific news, particularly in the fields of mathematics, physics, chemistry, and others 1 . Here are some key details about Radarhot com: Focus : Educational and scientific news, including but not limited to mathematics, physics,...
Segiempat adalah bangun datar yang dibatasi oleh empat ruas garis dan membentuk empat buah sudut. Segitiga adalah bangun datar yang dibatasi oleh tiga ruas garis dan membentuk tiga buah sudut.
Fluida adalah zat yang mudah mengalir, dalam hal ini yang termasuk fluida adalah zat cair dan gas. Fluida dinamis adalah fluida yang sedang bergerak atau sedang mengalir.
Berikut dibawah ini adalah contoh soal yang berisi tentang keliling dan luas bangun persegi dan persegi panjang yang dipelajari kelas 3 SD. Contoh soal dilengkapi dengan pembahasan agar siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi yang dibahas. 1. Bangun segiempatyang semua sisinya sama panjang adalah…. a. layang-layang c. persegi b. persegipanjang d. trapezium 2. Benda yang bentuknya persegi panjang adalah… a. jamdinding c. ataprumah b. bukupelajaran d. layang-layang 3. Rumus untuk mencari keliling persegi panjang adalah…. a. 2 x p xl ...
| Fluida Statis atau hidrostatika ini membahas tentang karakteristik seperti tekanan dan gaya pada fluida yang tidak bergerak. Zat yang termasuk dalam pembahasan fluida adalah Zat cair dan gas. Berikut adalah soal-soal latihan untuk membantu lebih memahami tentang fluida statis. 1. Besarnya tekanan hidrostatik ditentukan oleh .... a. volume dan kedalaman zat cair b. massa jenis zat cair dan kedalaman zat cair c. massa jenis zat cair, volume dan kedalaman zat cair d. massa jenis zat cair, percepatan gravitasi dan kedalaman zat cair Pembahasan : Ph=⍴ . g . h ⍴= massa jenis zat cair g=percepatan gravitasi h=kedalaman zat cair Jawaban : d 2. Gaya ke atas yang bekerja pada sebuah benda di dalam zat cair sebanding dengan .... a. berat benda b. massa jenis zat cair dan berat benda c. massa jenis zat cair dan volume benda yang tercelup ...
Untuk menghadapi UTS/PTS Matematika kelas 9 semester 1. Soal-soal berkaitan Perpangkatan dan bentuk Akar serta Persamaan Dan Fungsi Kuadrat. Kami sertakan kunci kuadrat agar siswa dapat mencocokkan jawabannya. 1. 3 6 x (¹/₉) 2 x 27 2 = a. 3 11 b. 3 10 c. 3 8 d. 3 7 2. 2³ x 3 ³ x 5 ³ = a.10 ³ b. 11 ³ c. 24 ³ d. 30 ³ 3. (2m 2 ) 3 = a. 2m 5 b. 6m 5 c. 8m 6 ...
Sebelum Bimbel Jakarta Timur memberikan Soal Latihan Perpangkatan dan Bentuk Akar, Bimbel Jakarta Timur menjelaskan bahwa Materi Perpngkatan dan bentuk akar ini dipelajari dalam pelajaran matematika, juga digunakan dalam perhitungan pelajaran fisika dan kimia. Ini termasuk salah satu materi di kelas 9 yang perlu dipahami. Berikut ini kami berikan beberapa soal latihan disertai pembahasannya.
1. Nilai dari 20 + 21 + 22 + 23=….
a. 14 b. 15 c. 16 d. 17
Pembahasan :
20 =1 21 =2 22 =2 x 2=4 23 =2 x 2 x 2=8
1+ 2 + 4 + 8=15 Jawaban : b
2. Nilai dari 20 . 21 . 22 . 23=….
a. 0 b. 6 c. 16 d. 64
Pembahasan :
20 =1 21 =2 22 =2 x 2=4 23 =2 x 2 x 2=8
1. 2 . 4 . 8=64
Jawaban : d
3. Nilai dari 52 + 5-2=…..
a. 0 b. 1 c. 5 d. 25,04
Pembahasan :
52 =5x5=25 5-2 =(1/5)2=1/25=0,04 25 + 0,04=25,04 Jawaban : d
4. Nilai dari
adalah.... a. 3 b. 9 c. 27 d. 81
Pembahasan :
=34+5+(-3)-2
=34
= 3 x 3 x 3 x 3=81
Jawaban : d
5. Nilai dari
adalah…..
Pembahasan :
Jawaban : d
6. Hasil dari 82/3+ 93/2 =.....
a. 17 b. 31 c. 36 d. 72
Pembahasan :
=(23)2/3 + (32)3/2
=23x2/3 + 32x3/2
=22 + 33
=4 + 27
=31
Jawaban : b
7. Jika diubah ke dalam bentuk pangkat pecahan, maka
menjadi....
a.615 b. 63/5 c. 65/3 d. 56/3
Jawaban : c
8. Nilai yang sama dengan (81 m2)3/4adalah….
a. 27m√m b. 27√m c. 9m√m d. 9√m
Pembahasan :
=(34 m2)3/4
=34x3/4 m2x3/4
=(34 m2)3/4
=34x3/4 m2x3/4
=33 m3/2
=27m1 1/2
=27 m√m
Jawaban : a
9. √200=...
a. 20 b. 2√10 c. 10√2 d. 100
Pembahasan :
=√100x2 =√100 x √2 =10√2
Jawaban : c
10. 2√3 + 5√3=...
a. 7√3 b. 10√3 c. 21 d. 30
Jawaban : a
11. 2√3 . 5√3=...
a. 7√3 b. 10√3 c. 21 d. 30
Pembahasan :
= 2.5.√3.√3 = 10.3 = 30
Jawaban : d
12. Bentuk baku dari 708.000 adalah....
a. 0,708 x 10⁶ b. 0,708 x 10⁵ c. 7,08 x 10⁶ d. 7,08 x 10⁵
Pembahasan :
=7,08 x 100.000 =7,08 x 10⁵
Jawaban : d
13. Bentuk baku dari 0,000573 adalah....
a. 5,73 x 10-4 b.5,73 x 10-3 c. 5,73 x 103 d. 5,73 x 104
Pembahasan :
=5,73 : 10.000 =5,73 : 104 = 5,73 x 10-4 Jawaban : a
14. Hasil dari
adalah....
a. 2xyz b. 2 x2 y2 z2 c. 2 x2y-1z-2 d. 2x2y z-2
Pembahasan :
Jawaban : d
15. Jika 32x-3=243, maka nilai x yang memenuhi adalah....
a.2 b. 3 c. 4 d. 5
Pembahasan :
32x-3 = 243
32x-3 = 35
2x – 3= 5
2x = 5 + 3
2x = 8
x = 8 : 2
x = 4
Jawaban : c
16. Suatu persegi panjang memiliki ukuran panjang (3√2 + 1) cm dan lebar (4√2 - 2) cm. Maka luas persegi panjang tersebut adalah.... cm²
a. 22 - 2√2 b. 24 - 6√2 c. 26 + 10√2 d. 22 + 2√2
Pembahasan :
Luas=panjang x lebar =(3√2 + 1) x (4√2 - 2) =(3√2 x 4√2) + ( 3√2 x -2) + (1x 4√2) + (1 x -2) =24 - 6√2 + 4√2 - 2 =22 - 2√2
Jawaban : a
17. Bentuk sederhana dari
adalah....
a. 3 + √14 b. 3 + √7 c. √7+ 2 d. √7 + √2
Pembahasan : Soal di atas adalah bentuk rumus
a + b = 9 dan a x b = 14, maka a=7 dan b=2 =√7 + √2
Jawaban : d
18. Bentuk sederhana dari
adalah...
a. 3 + √5 b. 3 - √5 c. 9 + √5 d. 9 - √5
Pembahasan :
Soal di atas adalah bentuk rumus
6√5 terlebih dahulu diubah menjadi 2x3√5=2√9x√5=2√(9x5)
maka a + b=14 dan a x b=9 x 5 a=9 (angka yang lebih besar di depan dan b=5 =√9 - √5 =3 - √5
Jawaban : b
19. Bentuk rasional dari 3√2 - 4 adalah.... √2
a. 3 - 2√2 b. 3 + √2 c. 3√2- 2 d. 3√2 + 2
Pembahasan :
Jawaban : c
20. Bentuk rasional dari 8 adalah.... 3 - √5
a. 3 - 2√5 b. 3 + 2√5 c. 6 - 2√5 d. 6 + 2√5
Pembahasan :
Soal bentuk pecahan diatas diselesaikan dengan dikali sekawan dari penyebut. Karena penyebut mempunyai tanda (-) maka sekawannya bertanda (+).
0 Komentar